WEBINAR DAN FILOSOFI KURIKULUM 2013

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Direktur Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus (Dikmen Diksus), Yaswardi mengatakan bahwa setiap webinar yang telah diikuti oleh guru merupakan salah satu bentuk merdeka belajar.

“Dalam konteks akademik, Merdeka Belajar bisa kita sandingkan dengan teori-teori belajar. Satu diantaranya kontruktidis, bagaiman kita mencoba mencari informasi dari lingkungan sebagai sumber belajar. Sehingga kurikulum 2013 filosofinya adalah alam terkembang menjadi guru,” tutur Yaswardi saat memberikan pemaparan pada Webinar HGN 18 November 2020.

Menurut Dia, filosofi tersebut sangat relevan dengan merdeka belajar. Dimana memberikan kesempatan seluas-luasnya, terutama kepada seluruh guru agar terus belajar atau menjadi pembelajar sepanjang hayat.

“Merdeka Belajar adalah konteks yang sangat luas sekali. Untuk itu mari kita selalu bersikap inklusif, berbaur, ingin selalu bersama, bukan eksklusif. Diatas langit ada langit, maka dari semua webinar merupakan momen untuk berbagi ilmu pengetahun, dan saling berbagi informasi. Semoga webinar HGN ini menjadi momentum yang sangat tempat dalam rangka memperingati hari guru nasional tahun 2020,” tuturnya.