Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus merupakan unit organisasi Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan di bidang formasi, karir, pendistribusian, kesejahteraan, penghargaan, dan pelindungan guru, pendidik lainnya, dan tenaga kependidikan pendidikan menengah dan pendidikan khusus.

Dalam menjalankan program-programnya, Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus berjangkar pada konsep Merdeka Belajar. Merdeka Belajar menghendaki semua pemangku kepentingan berdaya dan memberdayakan. Orientasi utama pada siswa dan kualitas layanan kepada siswa. Fokus pun dialihkan, dari penguasaan konten ke kemampuan bernalar dan karakter.

Konsep Merdeka Belajar juga menghendaki sekolah sebagai unit inovasi. Adapun peran pemerintah lebih fokus sebagai enabler yang memberdayakan ekosistem berbudaya inovasi.

Konsep Merdeka Belajar menerapkan teaching at the right level. Dari pihak Direktorat GTK Dikmen Diksus mendorong kepada para guru agar bisa melakukan analisis terhadap kurikulum. Guru juga diharapkan memiliki kemampuan melakukan modifikasi dan adaptasi kurikulum untuk disesuaikan dengan kemampuan dan bakat dari peserta didik.