DIREKTORAT GURU PENDIDIKAN MENENGAH DAN PENDIDIKAN KHUSUS
DIREKTORAT JENDERAL GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI

Sedikit Tertinggal Info Guru Penggerak, Bupati Sinjai Siap Jadikan Guru Penggerak menjadi Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah

Sinjai – Direktur Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemendikbudristek RI, Putra Asga Elevri, pimpin kunjungan kerja ke kabupaten Sinjai provinsi Sulawesi Selatan. 

Kunjungan kerja yang disambut baik oleh Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa, S.H., LLM., atau yang biasa disapa ASA tersebut, merupakan upaya mendorong Guru Penggerak menjadi Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah, serta memperkuat Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di sekolah. Tujuan tersebut sejalan dengan misi ASA dalam bidang pendidikan di kabupaten Sinjai, salah satunya telah lebih dulu mewajibkan Kepala Sekolah untuk menguasai komputer dan menegerikan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). ASA bahkan memberikan penghargaan tidak hanya kepada insan dunia pendidikan, namun juga kepada Kepala Desa yang ikut memberikan inovasi dan memajukan pendidikan di desa mereka.

“Informasi tentang Guru Penggerak maupun Sekolah Penggerak agak terlambat menyesuaikan di Sinjai, baru mulai di tahun 2021” lanjut ASA menjelaskan alasan kenapa belum ada pengangkatan Guru Penggerak sebagai Kepala Sekolah maupun Pengawas Sekolah di kabupaten Sinjai sampai dengan saat ini. Namun demikian, ASA meyakinkan bahwa tahun ini Sinjai bisa dengan percaya diri menjadikan Guru Penggerak dan Calon Kepala Sekolah (CaKep) yang sudah ada untuk menjadi Kepala Sekolah definitif, mengingat Guru Penggerak dan CaKep sama-sama produk hukum yang memenuhi syarat untuk menjadi Kepala Sekolah, sesuai tentang penugasan sebagai Kepala Sekolah.

“Bapak Ibu diberi kesempatan memimpin pembelajaran, dalam hal ini menjadi Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah, buktikan nilai-nilai yang ada dalam diri Bapak Ibu yang selalu tergerak, bergerak, dan menggerakkan itu bisa Bapak Ibu lakukan” tegas Putra Asga saat memberikan sambutan pada acara Ramah Tamah Sepekan Hardiknas 2023 pada Rabu (10/5) malam.

“Buat kami di daerah, kami bisa lebih luas bergerak dengan adanya program Merdeka Belajar, sehingga kembali ke pemda masing-masing dalam meningkatkan kualitas pendidikan di daerahnya” ujar ASA saat melakukan audiensi dengan Putra Asga di rumah dinas Bupati Sinjai.

Lebih lanjut, Putra Asga dan ASA bersama-sama menghadiri Pameran Inovasi Pendidikan, didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Sinjai dan Kepala Bagian Umum Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) provinsi Sulawesi Selatan. Pameran yang diikuti oleh 40 SMP, 7 SD dan 2 angkatan Guru Penggerak tersebut merupakan salah satu upaya Pemerintah Daerah Sinjai untuk meningkatkan mutu pendidikan bagi siswa. Putra Asga beserta rombongan juga berkesempatan mengunjungi UPTD SMP Negeri 1 Sinjai untuk melihat secara langsung penerapan IKM dan mendorong para guru untuk segera menggunakan dan memaksimalkan Platform Merdeka Mengajar (PMM).