Header

Best Practice Resvi Fitri, Guru SLBN 2 Padang

Facebook
Twitter
WhatsApp

Efektivitas Penggunaan Alat Peraga dan Video dalam Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Siswa Melakukan Praktek OMSK Naik Turun Tangga bagi Siswa Lowviosion Kelas VII (A) SLB N 2 Padang

Dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional Direktorat Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus menyelenggarakan kegiatan Best Practices Program Kemitraan Guru Tenaga Kependidikan Pendidikan Khusus untuk menyebarluaskan praktik baik pembelajaran serta manajemen yang dihasilkan dari Program Kemitraan Guru Tenaga Kependidikan Pendidikan Khusus.

Pelaksanaan program kemitraan Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus Tahun 2021, menghasilkan praktik-praktik baik dalam pembelajaran maupun manajemen sekolah. Praktik baik tersebut dinilai cukup berhasil mewujudkan perubahan pengetahuan, keterampilan dan kinerja Guru dan Tenaga Kependidikan Mitra dan Imbas. Praktik baik yang diperoleh selama pelaksanaan program perlu disebarluaskan kepada guru dan kepala sekolah pendidikan khusus lainnya.

Salah satu praktik baik pembelajaran yang dihasilkan dari Program Kemitraan Guru Tenaga Kependidikan Pendidikan Khusus yaitu Best Practice Guru Mitra yang mengangkat tentang “Efektifitas Penggunaan Alat Peraga Dan Video Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Kemampuan Siswa Melakukan Praktek OMSK Naik Turun Tangga Bagi Siswa Lowvision Kelas VII (A) SLB Negeri 2 Padang.

Ketunanetraan pada seorang anak akan menyebabkan adanya 3 keterbatasan pokok yaitu: Keterbatasan dalam konsep, keterbatasan interaksi dengan lingkungan dan keterbatasan mobilitas. Ketiga keterbatasan ini merupakan hal yang harus di atasi jika tidak maka akan mengalami ketidakmampuan mengembangkan diri diberbagai bidang pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan dalam hidup.

Guru sangatlah memiliki peranan penting dalam mengatasi hambatan aktivitas atau kegiatan siswa selama di sekolah. Guru Tidak hanya mengembangkan aspek pengetahuan saja tetapi dalam aspek keterampilan hidup sehari- hari juga sangat perlu dikembangkan agar anak menjadi pribadi yang mandiri dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Adapun keterampilan hidup sehari- hari yang dapat dikembangkan pada anak di sekolah disebut dengan Pengembangan Kemampuan Orientasi Mobilitas Sosial dan Komunikasi (OMSK).

Baca artikel lengkapnya di sini