PERAN ORANG TUA SANGAT PENTING UNTUK TERSELENGGARANYA PENDIDIKAN YANG BERKUALITAS

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal (Dirjen) Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) merasakan betul perjuangan para orang tua demi menjamin kegiatan pembelajaran anak-anak di masa pandemi Covid-19.

Hal itu dikatakan oleh Direktur Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus (Dikmen Diksus), Praptono saat membuka webinar “Penghargaan Guru dan Kepala Sekolah”.

Menurut Praptono, orang tua di tengah kesibukannya untuk terus bekerja memenuhi kebutuhan keluarga tetap juga harus menemani anak untuk melaksanakan pembelajaran di rumah. Pengorbanan waktu serta kerja keras ini menurut Praptono dirasakan benar oleh Kemendikbud.

Maka dari itu, mari kita doakan kepedulian seluruh orang tua ini jadi investasi yang baik untuk putra-purti kita dimasa depan,” tutur Praptono.

Di masa pandemi ini, disaat pembelajaran jarak jauh (PJJ) dan pembelajaran di rumah sudah berbulan-bulan dilakukan, Praptono mengatakan bahwa ini semakin menguatkan bahwa peran orang tua menjadi sangat penting.

“Ini semakin menguatkan pada kita semuanya Peran orang tua menjadi sangat penting untuk terselenggaranya pendidikan yang berkualitas,” tutur Praptono.

Kendati demikian, orang tua juga diimbau agar terus membimbing anak-anak dan mengarahkan agar mereka tidak stres dan tidak tertekan. Anak-anak selama masa pandemi ini diharapkan terus terpacu dengan segala kondisi dan keadaan yang dihadapi untuk giat belajar.

“Karena tantangan hidup dimasa yang akan datang tidak seserhana yang kita lalui. Maka dari itu harus kita bekali dengan berbagai kompetensi dengan tingkat fleksibelitas tinggi sehingga perubahan zaman bisa diikuti anak-anak kita,” pesan Praptono.