Tulisan ini memberikan gambaran penerapan strategi blended learning yang
merupakan perpaduan tatap muka dan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam
pengembangan Massive Open Online Courses (MOOC) dan dampaknya bagi pembelajaran.
Makalah ini menawarkan ringkasan yang sangat baik dari berbagai kombinasi yang tersedia,
batasannya adalah ketidakmampuannya untuk menunjukkan hubungan yang koheren antara
berbagai mode elektronik dan pembelajaran seluler. Paragraf paling menarik dalam tulisan ini
adalah pembelajaran seluler yang menunjukkan kesadaran bahwa setiap penggunaan
perangkat seluler yang efektif akan membutuhkan penggunaan beberapa aplikasi yang dapat
diberikan kepada siswa. Lebih lanjut, sebagaimana disampaikan oleh Morris dkk. (2012)
bahwa aplikasi yang ramah pengguna adalah kunci dalam penggunaan teknologi seluler yang
efektif oleh siswa. Hal ini menunjukkan perlunya tambahan investasi dalam pendidikan yaitu
perangkat teknologi dan aplikasinya. Hal penting yang harus diidentifikasi dalam
pemebelajaran seluler adalah perangkat seluler, perangkat, dan konteks virtual.
Baca artikel lengkapnya di sini