DIREKTORAT GURU PENDIDIKAN MENENGAH DAN PENDIDIKAN KHUSUS
DIREKTORAT JENDERAL GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI

Mendikbudristek Ajak Generasi Muda Menjadi Guru Profesional dengan Mengikuti PPG Prajabatan 2023

Jakarta – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, mengajak putra-putri terbaik Indonesia untuk mengikuti program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan yang dibuka kembali khususnya bagi lulusan Sarjana maupun Diploma IV, baik dari kependidikan maupun nonkependidikan. 

“Melalui transformasi program PPG Prajabatan ini, kita ingin menekankan pengalaman praktek bagi calon guru sebagai simulasi yang menggambarkan dunia pendidikan yang sesungguhnya dan yang tak kalah penting program PPG merupakan upaya menjaring calon guru potensial yang sesuai kebutuhan dan benar-benar memiliki kompetensi untuk direkrut sebagai guru,” ujar Nadiem dalam acara pembukaan program PPG Prajabatan 2023, Rabu (31/5/2023), yang disiarkan di Youtube Ditjen GTK Kemdikbud RI.

Senada dengan Mendikbudristek, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK), Nunuk Suryani, mengatakan bahwa PPG Prajabatan bertujuan untuk mencetak generasi baru guru-guru Indonesia yang memiliki panggilan hati menjadi guru profesional, berkomitmen menjadi teladan, cinta terhadap profesi, dan pembelajar sepanjang hayat.  

Dirjen Nunuk juga menjelaskan bahwa para peserta akan memperoleh sertifikat pendidik dan mendapatkan kompetensi pedagogik, sosial, profesional dan kepribadian untuk memulai karier sebagai guru profesional yang diakui. “Mari kita penuhi panggilan hati dan kita kuatkan tekad untuk membuat perubahan besar di negeri ini melalui jalan pendidikan,” imbaunya. 

Sementara itu, Direktur Pendidikan Profesi Guru (PPG), Temu Ismail, mengatakan bahwa Program PPG Prajabatan dirancang dengan arah model baru, di mana terdapat perbedaan antara pelaksanaan PPG Prajabatan sebelumnya dengan saat ini. Perbedaan tersebut mulai dari mulai perencanaan, seleksi, pembelajaran, relevansi praktik lapangan, induksi, sampai kelulusan.

“Tahun ini kita membuka kuota sebesar 59.019 yang terdiri dari 12 bidang studi umum, 3 bidang studi Muatan Lokal dan 15 bidang studi vokasi,” jelasnya. 

Dalam kesempatan yang sama, turut hadir para guru yang menceritakan motivasi mereka menjadi guru. Ayu Sri Wahyuni, Guru SMP PGRI 2 Denpasar, Bali, mengatakan bahwa menjadi guru bukan sekadar pekerja, namun juga inspirasi bagi murid untuk menghadapi perkembangan zamannya.

Pada kesempatan yang sama, Sinya Elly, Guru SMA 1 Ambon, Maluku, turut mengajak rekan-rekan pendidik untuk bersemangat membangun dunia pendidikan dengan mengikuti PPG. “Mari kita bersama-sama membangun bangsa kita dalam dunia pendidikan,” ujarnya. 

Pembukaan pendaftaran PPG Prajabatan tahun 2023 dibuka sejak 31 Mei s.d. 25 Juni 2023. Informasi selengkapnya dapat dilihat melalui laman pendaftaran https://ppg.kemdikbud.go.id/prajabatan.