KESERUAN DAN TAHAPAN GURU BELAJAR SERI MASA PANDEMI COVID-19

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Hadirkan Program Pembelajaran bagi Guru dan Kepala Sekolah Di Masa Pandemi Secara Mandiri untuk segala jenjang yakni PAUD, SD, SMP, dan SMA.

Program Guru Belajar seri Masa Pandemi Covid-19 adalah program pembelajaran yang dirancang untuk membantu sebanyak mungkin guru dan tenaga kependidikan dalam melakukan pembelajaran jarak jauh yang sesuai dengan kondisi kuhusu pada masa pandemi Covid-19.

Program ini tetap memberikan pembekalan dasar yang bermakna bagi siswa untuk melakukan Merdeka Belajar. dan dapat diakses melalui laman https://gurubelajar.kemdikbud.go.id/

Berbagai keseruan akan di dapat jika mengikuti Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid-19. Karena semuanya di buat lebih fleksibel, sehingga para guru dapat mengatur waktu belajar secara mandiri.

Kemudian, lebih mudah sehingga guru bisa mempelajari konten yang telah di urai, menjadi unit-unit belajar. Lebih menantang, guru bisa memilih tantangan yang sesuai dengan kemampuan dirinya dan lebih kolaboratif, karena guru bisa belajar bersama dengan rekan guru yang lain.

Untuk mengikuti kegiatan tersebut, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan para guru dan tenaga kependidikan. Tahapan 0 yaitu orientasi program dimana peserta mempelajari latar belakang, tujuan umum, penyesuaian kebijakan pengantar program dan struktur program

Tahap 1 adalah bimbingan teknis, guru dan tenaga kependidikan akan mempelajarai konsep pembelajaran jarak jauh (PJJ), kurikulum kondisi khusus, asesmen diagnosis, Model pembelajaran jarak jauh serta penggunaan media teknologi dalam pembelajaran jarak jauh.

Tahap 2, guru akan melakukan diklat. Semua peserta mendapatkan inspirasi untuk merancang, melakukan dan merefleksikan pembelajaran jarak jauh.

Dan tahap terakhir yaitu tahap 3, dinamakan pengimbasan dimana peserta akan diundang menjadi agen perubahan pendidikan dengan cara mengajak rekan guru lain mengikuti guru belajara serimasa pandemi Covid-19 melalui PKG, KKG dan MGMP.

Usai mengikuti serangkaian kegiatan tersebut banyak manfaat yang akan didapatkan oleh guru, mulai dari pengalaman belajar yang seru sesuai kebutuhan pada masa pandemi, penglaman belajar bersama dengan rekan guru lainnya dari daerah yang sama atau lintas daerah. Kemudian memiliki kesempatan meningkatkan kemampuan merancang, melakukan dan merefleksikan pembelajaran jarak jauh. Dan terakhir mendapatkan sertifikat Bimtek 32 JP, Sertifikat Diklat 32 JP dan Piagam penghargaan.