DIREKTORAT GURU PENDIDIKAN MENENGAH DAN PENDIDIKAN KHUSUS
DIREKTORAT JENDERAL GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI

Kemendikbudristek Dorong Percepatan Transformasi Pendidikan dengan Memberdayakan dan Menguatkan Ekosistem Belajar Guru dan Tenaga Kependidikan di Sumatera Barat

Padang – Direktorat Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memberikan penguatan dan pendayagunaan ekosistem belajar dalam kegiatan Bimtek Kepala SMA dan SMK di Provinsi Sumatera Barat angkatan 2 yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat pada Sabtu 24 Juni 2023 bertempat di Rocky Plaza Hotel.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus, Putra Asga lebih mengajak menyelami kebijakan Implementasi Kurikulum Merdeka dengan berinteraktif peserta yang terdiri dari 58 Kepala SMA dan SMK dari wilayah Sumatera Barat yang hadir di pertemuan tersebut dengan menggunakan platform kekinian seperti Mentimeter dan Quizizz yang dapat mereka akses melalui gawai masing-masing secara real time.

“Solusi apa yang bisa dilakukan kalau tetap melakukan dengan cara yang sama?”, tanya Asga sekaligus memberikan tantangan kepada Kepala Sekolah yang hadir untuk dapat mengubah pola pikir menjadi growth mindset sehingga dapat membuat gerakan perubahan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka dengan menguatkan ekosistem Belajar Guru melalui Komunitas Belajar dan juga Platform Merdeka Mengajar di lingkungan sekolah.

Di akhir sesi, Asga memberikan kesempatan kepada peserta untuk berefleksi dan berdiskusi terkait Implementasi Kurikulum Merdeka dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di lingkungan sekolah. 

Kepala bidang Guru dan Tenaga Kependidikan Provinsi Sumatera Barat, Suindra menjadi moderator dalam kegiatan ini sekaligus memberikan semangat dan motivasi kepada para peserta untuk dapat mengimplementasikan di sekolah masing-masing.

Dalam kegiatan ini hadir pula Kepala Balai Penjaminan Mutu Provinsi (BPMP) Sumatera Barat, Muslihuddin serta perwakilan Balai Guru Penggerak (BGP) Sumatera Barat untuk dapat membangun sinergitas UPT Kemendikbudristek dalam memberdayakan dan menguatkan ekosistem belajar di Sumatera Barat.

Selanjutnya, Asga melanjutkan dialog dengan beberapa orang perwakilan BPMP, BGP, dan juga Dinas Pendidikan Sumatera Barat. Berbagai permasalahan dan tantangan terkait Implementasi Kurikulum Merdeka yang terjadi di lapangan menjadi topik yang dibahas untuk meluruskan misleading yang sering terjadi. Dalam kesempatan tersebut Kepala BPMP yang baru dilantik 31 Maret 2023 berkomitmen, serta perwakilan BGP dan Dinas Pendidikan untuk terus bekerja sama dalam mendukung program Merdeka Belajar di Sumatera Barat demi mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. 

Disela kunjungan Asga di Kota Padang, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pesisir Selatan, Salim Muhaimin menyempatkan berdialog dan berdiskusi terkait membangun ekosistem belajar melalui Implementasi Kurikulum Merdeka di wilayahnya. Salim mengungkapkan bahwa di wilayahnya terdapat Program Nagari Bersekolah (Pronasa) yang merupakan program pembinaan dan pengembangan potensi siswa dan merupakan program unggulan di wilayahnya yang siap mendukung dan berjalan seiring dengan Implementasi Kurikulum Merdeka mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.