DIREKTORAT GURU PENDIDIKAN MENENGAH DAN PENDIDIKAN KHUSUS
DIREKTORAT JENDERAL GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI

Guru Penggerak Jeneponto jadi Pemimpin Pembelajaran yang Berkarakter Ramah dan Demokratis

Jeneponto – Direktur Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Putra Asga Elevri, S.Si, M.Si, melanjutkan kunjungan kerja di provinsi Sulawesi Selatan ke Kabupaten Jeneponto. Kunjungan ini masih membawa misi yang sama, yaitu sebagai upaya mendorong percepatan pengangkatan Guru Penggerak menjadi Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah, sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Permendikbudristek) nomor 40 tahun 2021. Putra Asga beserta rombongan diterima oleh Drs. H. Iksan Iskandar, M.Si. selaku Bupati Jeneponto, serta sejumlah pejabat terkait lainnya di bidang pendidikan. Putra Asga menyampaikan bahwa program Guru Penggerak adalah salah satu syarat untuk menjadi Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah yang harus diperhatikan. 

Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar, bersama Ketua DPRD Jeneponto dan Sekretaris daerah Jeneponto, memberi apresiasi dan berkomitmen untuk mendukung sepenuhnya program Guru Penggerak. Pemerintah daerah Jeneponto berharap dengan adanya Program Guru Penggerak, guru mampu menjadi pemimpin pembelajaran di sekolah, menciptakan inovasi baru dalam peningkatan kualitas pendidikan yang berpihak pada murid, mampu berkolaborasi dengan pemangku kepentingan sehingga tercipta ekosistem pendidikan yang lebih berkualitas dan menjadi program Cara’de (Berkarakter, Ramah dan Demokratis).

Salah satu agenda kunjungan ini juga menghadiri Deklarasi Implementasi Kurikulum Merdeka oleh 2500 guru di lapangan Pasamaturukan kabupaten Jeneponto. Dalam deklarasi tersebut tampak Guru Penggerak se Kabupaten Jeneponto berada di garis depan dengan mengenakan baju adat mewakili daerahnya masing-masing untuk memberikan motivasi dan semangat kepada guru-guru lainnya. Selain itu mereka juga memberikan testimoni mengenai keberhasilan dalam pengimplementasian kurikulum merdeka di sekolahnya. 

Selain pertemuan, Direktur Guru dan Tenaga Pendidikan juga mengunjungi beberapa sekolah di Kabupaten Jeneponto. Di sana, beliau berkesempatan untuk melihat langsung kondisi pembelajaran, fasilitas sekolah, dan berdialog dengan para guru dan siswa. Hal ini sebagai upaya untuk memahami secara mendalam situasi pendidikan di daerah tersebut dan memberikan solusi yang tepat. Selama kunjungan, Putra Asga juga memberikan kesempatan kepada para Guru Penggerak di Kabupaten Jeneponto untuk saling berbagi pengalaman selama menempuh pendidikan Guru Penggerak dan juga tantangan ke depan setelah lulus Guru Penggerak. Acara ini bertujuan untuk melihat dari dekat implementasi Kurikulum Merdeka dan tantangan yang dihadapi para Guru Penggerak di sekolah.