DITJEN GTK LUNCURKAN SERI WEBINAR PERSIAPAN PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Direktorat Jenderal (Ditjen) Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan luncurkan seri webinar persiapan penyelenggaraan pembelajaran, Jumat (4/12/2020) secara langsung melalui kanal Youtube GTK Dikmen Diksus TV.

Hadir dalam peluncuran seri webinar tersebut, Direktur Jenderal GTK, Iwan Syahril, Direktur GTK Pendidikan Menengah Pendidikan Khusus (Dikmen Diksus) Yaswardi, Direktur Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Praptono, Direktur GTK Pendidikan Dasar Rachmadi Widdiharto, Direktur GTK Pendidikan Anak Usia Dini Santi Ambarrukmi.

Dalam sambutannya, Direktur GTK Dikmen Diksus, Yaswardi mengatakan peluncuran seri webinar persiapan penyelenggaraan pembelajaran pada sementer genap tahun ajaran 2020/2021 ini merupakan tindak lanjut dari SKB 4 Menteri sebagai panduan penyelenggaraan pembelajaran tahun ajaran 2020/2021 di masa pandemi Covid-19.

“Pelaksanaan webinar mempertimbangkan jadwal penilaian akhir semester disetiap provinsi di Indonesia. Webinar ini memiliki dua tema besar, yaitu satu, mempersiapkan pembelajaran tatap muka yang aman, nyaman dan menyenangkan di masa pandemi Covid-19. Dua, sekolah ramah pembelajaran di masa pandemic Covid-19,” tuturnya.

Webinar ini, sambung Yaswardi, bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan guru dan melibatkan peran guru dalam melakukan adaptasi pembelajaran tatap muka dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Webinar ini akan dilaksanakan dengan rentang waktu, mulai tanggal 4 sampai dengan 18 Desember 2020. Secara bergantian, setiap direktorat di lingkungan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. Yaitu Direktorat GTK PAUD, Direktorat GTK Dikdas, Direktorat GTK Dikmen dan Diksus, dan Didrektorat P3 GTK,” jelas Yaswardi.

Setiap seri webinar nantinya akan membahas topik-topik yang berkaitan dengan persiapan pembelajaran tatap muka untuk setiap jenjang. Narasumber adalah guru, praktsi pendidikan dan tenaga profesional bidang pendidikan.

“Alhamdulillah pendaftar webinar per-4 Desember berjumlah 7.171 peserta dengan jumlah peserta guru sebanyak 5.996 orang. Melalui webinar ini diharapkan seluruh pemangku kepentingan dapat bekerjasama untuk mendukkung persiapan transisi pembelajaran tatap muka dan pelaksanaannya di masa pandemi Covid-19 dengan tetap memperhatikan kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga dan masyarakat,” tutur Yaswardi.