Indahnya Duniaku Dalam Menggapai Cita
Siapa yang biasanya membantu teman-teman saat sedang menghadapi masalah atau situasi yang sulit, apakah antar teman, guru, orang tua, atau orang lain? Latar Belakang Lingkungan
Kelas Industri Membuka Gerbang Masa Depan Anak Negeri
Kurangi pengangguran di Indonesia dengan Kelas Industri? Simak langkah-langkahnya! Latar Belakang Rendahnya Keterserapan Lulusan Rendahnya keterserapan lulusan perhotelan SMK serta keluhan industri terkait karakter dan
Semangat Guru Pedesaan untuk Pembelajaran Berkualitas
Inspirasi guru di tengah keterbatasan. Guru terbaik adalah guru yang tak kenal lelah mencari cara agar muridnya mengerti (Guru Aini, Andrea Hirata) Latar Belakang Pelaksanaan
Respon Learning Style Peserta Bimtek Pembelajaran Digital terhadap Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI)
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran harapan guru terhadap bimbingan teknis pembelajaran digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat gap atau perbedaan yang kuat antara kinerja
Desain Pembelajaran Model Flipped Classroom Untuk Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Khusus
Penelitian ini menjelaskan tentang analisis kebutuhan dan perancangan atau perancangan e-learning dengan Computer Based Instruction-Flipped Classroom. Pengembangan ini dilakukan untuk menjadi panduan dalam merancang Computer
Analisis Implementasi Model Flipped Classroom Pada Bimtek Guru Pendidikan Khusus
Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa indikator penerapan e-learning berbasis flipped e-learning terdiri dari 2 komponen, yaitu hasil validasi ahli dan penilaian hasil belajar peserta. Hasil
Strategi Pembelajaran Inklusi dengan Karakteristik Peserta Didik Milenial
Penelitian ini membahas kesesuaian karakteristik peserta didik generasi z dan milenial denganmateri atau bahan ajar, metode dan media pembelajaran. Karakteristik generasi Z yangmemiliki pola hidup
Pengembangan Massive Open Online Courses Berbasis Mobile Learning
Tulisan ini memberikan gambaran penerapan strategi blended learning yangmerupakan perpaduan tatap muka dan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalampengembangan Massive Open Online Courses (MOOC) dan
Pengembangan Pembelajaran Inklusif Dengan Pendekatan Microlearning Berbasis
Teknologi Seluler
Karakteristik pembelajaran inklusif cukup menyulitkan guru dalam melakukanpembelajaran sehingga berdampak pada keterlayanan pendidikan anak berkbutuhankhsusu.. Oleh sebab itu diperlukan inovasi pengembangan materi pembelajaran yangrelevan, interaktif
Meningkatkan Mutu Sekolah Inklusi melalui Pemenuhan Guru Pembimbing Khusus (GPK)
Tujuan utama penelitian ini adalah merumuskan masalah pokok yangmendesak yang dihadapi sekolah inklusi dan strategi peningkatan mutusekolah inklusi. Dengan menggunakan metode kualitatif, melaluiserangkaian Focus Group
E- PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL FLIPPED CLASSROOM UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN KHUSUS
Pendidikan khusus merupakan penyelenggaraan pendidikan untuk peserta didik yang berkelainan atau peserta didik yang memiliki kecerdasan luar biasa yang diselenggarakan secara inklusif atau berupa satuan
ANALISIS DAMPAK SOSIALISASI DAN PELATIHAN IKM TERHADAP KEMAMPUAN DAN PENGUASAAN GURU
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang kemampuan dan penguasaan guru terhadap IKM setelah dilakukan sosialisasi dan pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi dan pelatihan
Alternatif dan Prioritas Pilihan Model E-Pembelajaran untuk Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Khusus
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan alternatif pilihan model, kegiatan dan materi dalam meningkatkan kompetensi guru dalam pembelajaran inklusi. Karakteristik pendidikan inklusi yang menjadi
Studi Kelayakan Implementasi Kurikulum Merdeka
Penelitian ini merupakan penelitian desain yang bertujuan untuk memperoleh gambaran kelayakan Implementasi IKM. Kelayakan Implementasi dilihat dari Sosialisasi, Komitmen guru, Sistem pembelajaran, Dukungan Kepala sekolah,
Dampak IKM terhadap Kompetensi dan Profesionalisme Guru 
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak IKM terhadap kompetensi guru, profesionalisme dan pengembangan profesionalisme guru. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif, yaitu penelitian yang berusaha menggali
Analisis Stakeholders Implementasi Kurikulum Merdeka
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memetakan serta mengukur tingkat pengaruh dan kepentingan stakeholders dalam rangka penerapan kurikulum mandiri (IKM). Oleh karena itu penelitian ini
Analisis Kepuasan dan Dampak Implementasi Kurikulum Merdeka pada Peserta Didik SMA
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang Penerapan Kurikulum Mandiri (IKM) dalam perspektif siswa, yang dilihat dari dimensi proses pembelajaran dan dimensi hasil yaitu profil
Analisis Kepuasan Peserta Didik Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang kepuasan dan dampak yang dirasakan siswa SMA dalam penerapan Kurikulum Mandiri (IKM) berdasarkan dimensi proses pembelajaran dan dimensi
Need Assesment Implementasi Kurikulum Merdeka
Analisis kebutuhan IKM menghasilkan kebutuhan sosialisasi, dukungan kepala sekolah, dukungan sejawat dan komitmen guru. Kebutuhan terhadap layanan sistem berkaitan dengan kapasitas sistem kecepatan, ketersediaan fitur,